You are currently viewing Apa Itu Besi UNP Galvanis Dan Apa Fungsinya? Simak Di Sini!

Apa Itu Besi UNP Galvanis Dan Apa Fungsinya? Simak Di Sini!

Terdapat salah satu material pendukung yang begitu penting dalam industri konstruksi baik itu konstruksi pembuatan rumah maupun struktur lain, yakni material berupa besi kanal. UNP galvanis termasuk dalam jenis besi kanal. Anda mungkin belum familiar dengan nama besi ini dan penasaran apa itu besi galvanis UNP dan apa saja fungsinya.

UNP Galvanis Adalah

Besi UNP galvanis merupakan salah satu jenis besi kanal yang mempunyai bentuk seperti huruf “U” dengan sisi simetris. Besi ini sering digunakan dalam hal konstruksi dan bangunan dikarenakan keunggulannya di dalam menghadapi korosi. 

Pada proses pembuatan jenis besi galvanis UNP ini, terdapat proses yang dinamakan dengan proses galvanisasi. Di pasaran, ukuran UNP Galvanis beranekaragam, ada yang berdimensi 50 mm x 38 mm x 5 mm atau disebut besi kanal UNP 5, ada yang 65 mm x 42 mm x 5 mm atau disebut besi kanal UNP 6,5, dan lain-lain.

Fungsi Galvanis UNP

Jenis besi ini memiliki berbagai fungsi atau manfaat, yang pertama yaitu sebagai penutup atap, karena ia dapat melindungi bahan lain di bawahnya dan juga dikenal awet. Kedua yaitu untuk menopang jembatan, khususnya untuk jembatan yang tak terlalu besar terutama di daerah pedesaan. Namun perlu diingat, jika ingin membangun jembatan yang jauh lebih besar, besi UNP tak dapat digunakan. 

Fungsi ketiga adalah untuk pembuatan saluran air, saluran air hujan di rumah rumah atau di bangunan besar banyak yang memanfaatkan besi ini. Kemudian fungsi selanjutnya yang keempat yaitu untuk purlin. 

Purlin merupakan rangka dari atap yang memanjang serta digunakan untuk menopang material lainnya yang ada di atasnya. Besi jenis UNP mempunyai fungsi ini dikarenakan ia kuat dan mempunyai cengkraman yang kuat.

Itulah berbagai fungsi atau manfaat besi jenis UNP galvanis serta pengertiannya yang perlu anda ketahui. Kini terdapat banyak perusahaan penyedia besi UNP di Indonesia dan apabila anda sedang membutuhkan besi ini, maka pastikan untuk memilih penyedia besi UNP yang terbaik.

Leave a Reply