You are currently viewing Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Besi CNP Dalam Konstruksi Bangunan

Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Besi CNP Dalam Konstruksi Bangunan

Apakah yang dimaksud dengan besi CNP? Besi CNP juga sering disebut dengan baja ringan kanal C. Besi sejenis besi cnp ini merupakan suatu logam yang dibuat melalui proses fabrikasi dari plat koil. Plat koil ini dibentuk melalui metode-metode yang dinamakan cutting dan branding. Hasil akhirnya adalah logam baja ringan dengan bentuk seperti huruf C.

Besi CNP sangat berguna pada proses konstruksi bangunan. Beberapa penggunaan besi ini adalah untuk atap bangunan dan pagar. Selain karena bentuknya yang mampu menempel secara sempurna dengan material bangunan lainnya, besi CNP juga berfungsi menopang bangunan agar semakin kuat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan besi CNP untuk keperluan otomotif dan industri lainnya.

Ukuran

Terdapat ukuran standar dari besi CNP yang tersedia di pasaran, yaitu 6 meter. Namun, ketebalannya berbeda-beda tergantung penggunaannya. Menariknya, meskipun ukurannya cukup besar, ketebalan besi CNP ini cenderung tipis, yaitu hanya sampai 3,2 mm.

Untuk lebarnya, ada beberapa pilihan yang biasanya disediakan di toko besi. Nah, Anda bisa memilih salah satu jenis berdasarkan hal tersebut. Jenis-jenis tersebut antara lain CNP 75, 100, 125, 150, dan 200.

Bahan

Karena memiliki fungsi yang sangat penting untuk menopang material lainnya, pastinya besi CNP terbuat dari material yang sangat kuat. Bayangkan saja, jika besi jenis terbuat dari bahan yang tidak kokoh, tentunya akan sangat beresiko di kemudian hari.

Bahan utama dari besi CNP adalah plat koil. Plat koil ini dikenal dengan kekuatannya walaupun ukurannya tidak tebal. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, besi jenis ini juga melalui proses yang cukup rumit untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Baik bahan yang digunakan maupun prosesnya juga membuat besi CNP tahan terhadap kerusakan dan korosi. Besi ini tidak mudah retak walaupun mengalami benturan. Selain itu, walaupun dalam kondisi cuaca dan suhu ekstrim, besi CNP juga tidak mudah berkarat.

Harga

Lalu, bagaimana dengan harga besi CNP? Tentu saja, harga besi ini cukup bervariasi berdasarkan ukurannya. Semakin besar ukuran besi ini, harganya pasti akan lebih mahal karena membutuhkan bahan yang lebih banyak pula.

Selain itu, terdapat berbagai faktor lain yang mempengaruhi harga besi CNP di pasaran. Ketika permintaan pasar sedang tinggi, harganya biasanya menjadi mahal karena keterbatasan material penyusunnya. Selain itu, proses distribusi juga mempengaruhi tingginya harga di suatu daerah tertentu.

Untuk daerah-daerah di pulau Jawa, harga besi CNP berada pada kisaran Rp. 500.000. Tentu saja, harga ini sangat wajar jika dilihat dari fungsi dan manfaatnya bagi konstruksi bangunan. Anda harus mempersiapkan dana lebih karena pasti akan membutuhkan lebih dari 1 plat besi.

Leave a Reply