You are currently viewing Genteng Pasir vs Genteng Metal Spandek, Ini Dia 4 Perbedaannya!

Genteng Pasir vs Genteng Metal Spandek, Ini Dia 4 Perbedaannya!

Selain genteng metal pasir, ada ada jenis genteng lain yang juga sering digunakan dalam proyek konstruksi seperti genteng metal spandek. Tentu saja kedua genteng ini serupa tapi tak sama. Berikut ini beberapa perbedaan antara genteng metal pasir vs genteng metal spandek. 

Berat Genteng

Walaupun sama-sama genteng dan tampak serupa, tapi ternyata keduanya memiliki berat yang berbeda. Salah satu alasan kenapa berat genteng metal pasir dan metal spandek berbeda adalah karena lapisan tambahan berupa pasir. Karena genteng metal pasir menggunakan tambahan pasir di permukaannya, maka genteng ini lebih berat jika dibandingkan dengan genteng metal spandek. 

Ketahanan Terhadap Karat dan Korosi

Bagaimana dengan ketahanan kedua jenis genteng terhadap korosi dan karat? Genteng pasir dilapisi dengan baja galvalum. Lapisan inilah yang melindungi permukaan genteng dari risiko korosi atau karat. 

Genteng metal spandek juga dilapisi dengan baja inti. Umumnya, genteng metal spandek memiliki lapisan galvalum yang lebih tebal jika dibandingkan dengan genteng metal pasir. Karena itu, biasanya genteng metal spandek lebih tahan karat dan korosi. 

Ketahanan Cat Warna Pada Genteng 

Perbedaan lain dari genteng metal pasir dan genteng metal spandek adalah ketahanan catnya. Umumnya, genteng metal pasir menggunakan cat di permukaannya saja. Karena itu, cat tersebut mudah pudar dan mengelupas setelah terkena matahari dan hujan terus menerus. 

Lapisan warna pada permukaan genteng spandek biasanya lebih tebal. Sehingga, warna dari genteng jenis ini tidak mudah pudar dan mengelupas. Walaupun begitu, cat permukaan pada kedua genteng umumnya bertahan selama beberapa tahun. 

Kemampuan Meredam Suara 

Genteng metal pasir memiliki tingkat kemampuan meredam suara bising karena hujan dibandingkan dengan genteng metal spandek. Hal ini karena genteng metal pasir memiliki lapisan khusus yang melekat di permukaan genteng walaupun hujan lebat ataupun panas terik. Di wilayah dengan curah hujan yang tinggi, lapisan pasir peredam tersebut bisa tahan hingga 1 tahun atau lebih.

Informasi mengenai perbedaan genteng metal pasir dan genteng metal spandek ini membantu Anda menentukan jenis genteng yang tepat untuk proyek Anda. Dengan memilih jenis genteng yang tepat, maka atap bangunan menjadi lebih kuat dan tahan lama bahkan membantu meningkatkan kenyamanan.

Leave a Reply